Formulir Kontak

 

ASAL MULA SENI

Seni berasal dari hasil budi daya atau cipta, rasa, karsamanusia, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seni juga merupakan hasil ekspresi manusia yang diwujudkan dalam bentuk karya kreatif untuk memberikan kesan Estetik (harmonisasi) dan Artistik(Daya tarik).

Terdapat suatu kisah dimana ketika seni dapat berbicara di depan publik.

Dahulu hiduplah seorang raja yang arif bijaksana, dibawah kepemimpinannya semua rakyat makmur dan sejahtera,segala sesuatu permasalahan di selesaikan dengan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Raja tersebut. 

Tiba suatu saat ketika raja tersebut harus menghembuskan nafas terakhirnya, mahkota kerajaannya pun jatuh kepada salah seorang anak laki-lakinya. Watak yang berbeda dengan ayahnya membuat segala macam system yang mulanya di bangun oleh ayahnya perlahan tergantikan oleh sistemnya yang serakah. Pada zaman itu tanah-tanah milik rakyat diambil secara semena-mena tanpa memperdulikan mereka.

Seiring waktu berganti, raja tersebut kemudian meninggal dan digantikan oleh anaknya yang lebih bijaksana.Demi membuat rakyatnya sejahtera,raja akan mengembalikan tanah-tanah milik rakyatnya dengan syarat mereka dapat membuktikan secara tepat kepemilikan tanah dihadapan dewan juri. Banyak yang kembali mendapatkan tanahnya,namun tidak sedikit pula warga yang kembali pulang dengan tangan hampa karena tidak bisa membuktikan bahwa tanah tersebut milik mereka, kejadian ini terjadi sekitar tahun 465 SM.

Diluar pintu ruang “pembuktian” ternyata ada seseorang sedang memperhatikan warga-warga yang berusaha meyakinkan dewan juri bahwa. Ia mempelajari apa yang membuat beberapa warga tersebut bisa menang,dan mengapa ada warga yang bisa kalah. Akhirnya ia mendirikan sekolah retorika pertama yang membahas bagaimana agar dapat memenangkan atau mendapatkan tanahnya kembali.

Aristoteles murid dari plato melanjutkan kajian retorika ilmiah. Aristoteles menjelaskan bahwa untuk meyakinkan orang adalah dengan 3 cara, yakni Anda harus memiliki penegtahuan yang luas,serta memiliki status yang terhormat (ethos). Kedua anda harus mampu menyentuh perasaan atau emosi pendengar Anda dengan ucapan yang Anda berikan(pathos). Ketiga Anda harus meyakinkan dengan menampilkan segala macam bukti yang dapat dilihat secara nyata (logos).

Retorika atau ilmu seni berbicara hingga kini masih terus berkembang seiring dengan berkembang pula berbagai macam keilmuan seperti Ilmu komunikasi, Psikologi, Penyiaran dan ilmu-ilmu lainnya yang membahas pentingnya sebuah kemampuan seni berbicara dihadapan publik
Semoga Bermanfaat 24x24

daftar pusaka:
http://studyinjogja.com/asal-mula-seni-berbicara-di-depan-publik 
Author : Nurawantitiani Kumpulan Artikel Seni | Sastra | Terbaru di 2012 | Story
96x96Saat ini anda telah membaca artikel Asal Mula Seni yang dipublish oleh Nurawantitiani pada hari Rabu, 2 Januari 2013 Terima kasih atas kunjungan anda di blog EVOLVED ini dan silahkan berikan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah.
Semoga artikel Asal Mula Seni ini bermanfaat untuk anda 24x24.

Total comment

Author

Analis Kesehatan

0   komentar

Cancel Reply