-->

Kamis, 03 Januari 2013

0

DEFINISI SENI

Posted in

Pengertian Seni dapat di artikan dalam banyak pendapat. Namun secara umum pengertian seni adalah Ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan kedalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada, syair, yang mengandung unsue-unsur keindahan, dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain.

Dalam bahasa Sanskerta
kata seni disebut cilpa. Sebagai kata sifat, cilpa berarti berwarna, dan kata jadiannya su-cilpa berarti dilengkapi dengan bentuk-bentuk yang indah atau dihiasi dengan indah. Sebagai kata benda ia berarti pewarnaan, yang kemudian berkembang menjadi segala macam kekriaan yang artistik. Cilpacastra yang banyak disebut-sebut dalam pelajaran sejarah kesenian, adalah buku atau pedoman bagi para cilpin, yaitu tukang, termasuk di dalamnya apa yang sekarang disebut seniman. Memang dahulu belum ada pembedaan antara seniman dan tukang. Pemahaman seni adalah yang merupakan ekspresi pribadi belum ada dan seni adalah ekspresi keindahan masyarakat yang bersifat kolektif. Yang demikian itu ternyata tidak hanya terdapat di India dan Indonesia saja, juga terdapat di Barat pada masa lampau. 


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,  Pengertian Seni, memiliki tiga arti antara lain:
  • Seni diartikan halus, kecil dan halus, tipis, lembut dan enak didengar, mungil dan elok.
  • Seni adalah keahlian membuat karya bermutu (dilihat dari segi keindahan dan kehalusannya)
  • Seni adalah kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi   

256x256 
Dalam bahasa Latin pada abad pertengahan
Ada terdapat istilah-istilah ars, artes, dan artista. Ars adalah teknik atau craftsmanship, yaitu ketangkasan dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu; adapun artes berarti kelompok orang-orang yang memiliki ketangkasan atau kemahiran; dan artista adalah anggota yang ada di dalam kelompok-kelompok itu. Maka kiranya artista dapat dipersamakan dengan cilpa.

  
Definisi para ahli tentang seni :
  1. Aristoteles : seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal. 
  2. Leo Tolstoy : seni adalah sebuah proses memunculkan kembali nilai rasa seseorang dari apa yang pernah mereka alami dalam kehidupan.
  3. Plato dan Rousseau : seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.
  4. Ki Hajar Dewantara : seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia
  5. Emanuel Kant : seni dipandang sebagai sebuah mimpi, sebab didalam seni terdapat rumus yang tidak mampu diwujudkan dalam bentuk nyata.
  6. Ahdian Karta Miharja : seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.
  7. Alexander Baum Garton : seni merupakan suatu keindahan dan seni merupakan tujuan positif yang mampu menyebabkan para penikmat seni bisa merasa bahagia.
  8. Drs. Sudarmaji : seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang.
  9. Drs Popo Iskandar : seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.
  10. Prof. Drs. Suwaji bastomi : seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
  11. Enslikopedia Indonesia : seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya atau mendengarnya.
  12. Soedarso SP : dalah karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman batinnya; pengalaman batin tersebut disajikan secara indah sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pula pada manusia lain yang menghayatinya.
  13.  Thomas Munro : adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.
  14. Schopenhauer : seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni music meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak
  15. Sukaryono : adalah ungkapan isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seniman yang dikomunikasikan.
  16. Eric Ariyanto : seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya. 

64x64 Images for scientists :
Post spoiler Post spoiler Post spoiler Post spoiler Post spoiler Post spoiler

Pengertian Seni Menurut Para Ahli
  • Pengertian Seni dalam Wikipedia: Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. Seniman adalah istilah subyektif yang merujuk kepada seseorang yang kreatif, atau inovatif, atau mahir dalam bidang seni. Penggunaan yang paling kerap adalah untuk menyebut orang-orang yang menciptakan karya seni.  
  • Pengertian Seni dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
  1. keahlian membuat karya yg bermutu (dilihat dr segi kehalusannya, keindahannya, dsb);
  2. karya yg diciptakan dng keahlian yg luar biasa, spt tari, lukisan, ukiran
  • Pengertian Seni Menurut Akhdiat K. Mihardja :
    seni adalah kegiatan manusia yang merefleksikan kenyataan dalam sesuatu karya, yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani sipenerimanya.
    emblem,art,brush,color,drawing,paint,palette,draw,painting
  • Pengertian Seni Menurut G.W.F Hegel : seni adalah medium material sekaligus faktual. Keindahan karya seni bertujuan menyatakan kebenaran. Baginya kebenaran adalah "keseluruhan". Sehubungan dengan gagasan kebenaran yang dikemukakannya, karya seni adalah presentasi indrawi dari ide mutlak (Geist) tingkat pertama. Dalam pemikiran Hegel, ide atau roh subyektif dan roh obyektif senantiasa berada didalam ketegangan. Ide-ide mutlak mendamaikan ketegangan ini. Maka sebagai ide mutlak tingkat pertama pada seni roh subyektif dan roh obyektif didamaikan. Subyek dan obyek kemudian berada didalam keselarasan sempurna.
  • Pengertian Seni Menurut Arthur Schopenhauwer : Seni adalah sebagai pembebasan hasrat dan keinginan. Menurut Schopenhauwer, karya seni yang sesungguhnya murni akan mengantar para pencipta dan apresiatornya kepada keadaan terbebas dari kepentingan pribadi. Juga memberi kesempatan untuk memperoleh pengetahuan yang dapat menimbulkan rasa senang murni.
  • Pengertian Seni Menurut Herbert Read : mengatakan bahwa lahirnya sebuah karya seni melalui beberapa tahapan sebagai suatu proses.
  1. Tahap pertama, pengamatan kualitas-kualitas bahan seperti tekstur, warna dan banyak lagi kualitas fisik lainnya yang sulit untuk didifinisikan.
  2. Tahap kedua, adanya penyusunan hasil dari pengamatan kualitas tadi dan menatanya menjadi suatu susunan.
  3. Tahap ketiga, proses suatu objektifikasi dari tahapan-tahapan di atas yang berhubungan dengan keadaan sebelumnya.
  • Pengertian Seni Menurut Morrist Weist : alam esainya "The Role of Theory in Esthetics", dalam Rader, (1975 : 1) menyimpulkan bahwa seni sangat kompleks dan beraneka untuk direduksikan kepada suatu defenisi. Sependapat dengan Weist, Wittgenstein (1973), menekankan bahwa seni seperti juga dengan agama, tidak dapat direduksikan kedalam batasan yang sederhana.
  • Pengertian Seni Menurut Jean Francois Lyotard : Menurut pendapatnya, seni sebagaimana dengan filsafat tidak terkait dengan permasalahan makna, identitas, dan kebenaran. Energi seni adalah dorongan yang tidak dikendalikan oleh nalar maupun kesadaran. Selain mengandung kapasitas yang tak ternalarkan dan terwujudkan, seni juga memiliki daya ledak yang tinggi yang mampu membuat peristiwa. Oleh karena itu, seni sebaiknya tidak menyesuaikan diri dengan keadaan. Namun sebaliknya, mengikuti daya energiknya untuk mencapai keluhuran (sublimitas).
  • Pengertian Seni Menurut Melvin Rader : dalam bukunya A Modern Book of Esthetics, mencatat beberapa konsep pendukung defenisi seni yaitu : Permainan, ilusi, keindahan, ungkapan emosi imajinasi, pemenuhan keinginan, kenikmatan, tekhnik, perasaan, makna, fungsi, abstraksi, dan jarak estetik. Dari keragaman pendekatan tersebut, Rader mencoba mengajukan defenisi seni sebagai kesatuan organis unsur-unsur yang bernilai ungkap, meliputi representasi, konotasi dan nilai tanggap indrawi. Dalam hal ini dia mengemukakan bahwa tidak ada satu senipun yang tidak dapat diapresiasi.
  • Pengertian Seni Menurut F. Carrit : Terdapat dua bagian konsensus dalam hal ini : Pertama, bahwa seni adalah ekspresi. Kedua, bahwa seni adalah spirit, perasaan,atau suasana hati yang diekspresikan.
  • Pengertian Seni Menurut Walter Benyamin : bahwa seni merupakan sarana politik hubungan-hubungan produktif untuk mencapai kerukunan dunia. Gagasannya tentang seni dan berkesenian terkait erat dengan apa yang disebutnya politik gambar-gambar bersifat kiasan (allegorical).

64x64 Images for authorities :
Post spoiler Post spoiler Post spoiler Post spoiler Post spoiler Post spoiler

Definisi Seni dari Segala Sudut Pandang  64x64
  • Ketrampilan mengolah sesuatu menjadi karya yang menawan
  • Ungkapan jiwa dan perasaan seseorang yang dituangkan ke dalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada dan syair
  • Pada mulanya adalah proses dari manusia, oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu
  • Kreatifitas yang telah ada ( alamiah ) maupun diciptakan manusia diberbagai macam hal di dunia
  • Barang/karya/hasil dari sebuah kegiatan
  • Kebebasan berkarya yang dilatar belakangi oleh jiwa
  • Senjata hidup para pelaku seni ( sniman )
  • Ekspresi yang dicurahkan dari dalam jiwa manusia
  • Hasil aktifitas seseorang
  • Istilah yang digunakanuntuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya
  • Penyampaian gagasan, sensasi, dan perasaan dengan seefektif mungkin
  • Salah satu tolak ukur kapasitas ke-melankolis-an manusia
  • Kekayaan yang mutlak ada pada diri manusia tersebut, tinggal bagaimana manusia tersebut dapat mengolahnya menjadi asset yang berharga atau hanya menjadi kekayaan yang disfungsi
  • Penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indra pendengar ( seni suara), penglihatan( seni lukis ), atau dilahirkan dengan perantara gerak ( seni tari, drama)
  • Segala sesuatu yang berkaitan dengan karya cipta yang dihasilkan oleh unsure rasa
  • Pengekspresian cita rasa yang diluapkan dalam satu karya yang dapat dikatakan unik
  • Kegiatanatau hasil pernyataan perasaan keindahan manusia
  • Suatu karya yang mempunyai daya tarik tersendiiri
  • Keindahan yang bersifat unik dan dilampiaskan dengan suatu karya
  • Luapan psikologi manusia yang dikembangkan lewat pemikiran yang kreatif dan cerdas
  • Rangkaian dari kemauan, inspirasi, dan karya manusia
Dari segala definisi yang ada di atas, dapat disimpulkan bahwa definisi seni yang sejatinya adalah segala hal indah yang dirasakan oleh jiwa manusia dan diungkapkan melalui sebuah karya dengan berbagai media. – (Sumber: Ekonomi.Kompasiana.Com)
Semoga bermanfaat 22x22 
Author : Nurawantitiani Kumpulan Artikel Seni | Sastra | Terbaru di 2012 | Story
96x96Saat ini anda telah membaca artikel Definisi Seni yang dipublish oleh Nurawantitiani pada hari Rabu, 2 Januari 2013 Terima kasih atas kunjungan anda di blog EVOLVED ini dan silahkan berikan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah.
Semoga artikel Definisi Seni ini bermanfaat untuk anda 24x24.

0 komentar:

Entri Populer